LABUAN BAJO, FLORESPOS.ID – Dunia saat ini sedang mencekam. Virus corona melanda hampir seluruh isi perut bumi. Manusia berjatuhan. Tua-muda, kaya-miskin, tak ada bedanya. China dan Italia adalah dua negara dengan korban terbanyak.

Indonesia, negeri di kutub selatan bumi pun tak luput dari susupan virus mematikan ini. Sejak awal Maret lalu, virus ini merongrong dua warga Kota Depok, Jawa Barat.

Hingga pertengahan Maret ini, penyebaran virus corona telah meluar ke 16 provinsi di tanah air. Jakarta adalah salah satu yang paling genting dan banyak.

Di tengah kekhawatiran dan kegelisahan bersama ini, kita tidak perlu panik. Tetap optimis sembari memanjatkan doa yang tulus kepada Yang Mahakuasa, sumber segala kebaikan.

Nah, kali ini ijinkan min menulis beberapa spot unik dan keren di Labuan Bajo, ya gaes.

Eksotisme Pulau Padar yang tiada duanya. -Dok. indozone.com
Eksotisme Pulau Padar yang tiada duanya. -Dok. indozone.com

Sepotong Surga di Bumi

Di Labuan Bajo, kita dapat menemukan sepotong surga yang hilang dari bumi. Jejak-jejak Sang Penyelenggara dapat kita dapati di setiap keindahan yang dipancarkan-Nya dari alam.

Tribun Travel merangkum ada banyak keunikan di Labuan Bajo. Salah satunya adalah sebagai Kota Seribu Sunset.

Julukan ini layak diberikan karena kota Labuan Bajo menghadap langsung ke arah terbenamnya matahari. Dari Bukit Cinta, Bukit Waringin, atau Bukit Silvia, kita dapat menyaksikan mentari yang perlahan meninggalkan siang menuju peraduan.

Pilihan-pilihan spot untuk dapat menikmati sensasi keindahan alam sore di Labuan Bajo dapat juga dilihat dari Bukit Ketentang.

Sudut pandang yang berbeda tentu memberikan kenikmatan tersendiri bagi mata. Sementara di sepanjang garis pantai berjejer hotel, cafe dan kapal.

Selain itu, Labuan Bajo juga dijuluki Morning City. Ini karena sejak pagi sudah banyak orang yang berkendara dan berlalu lalang meski baru pukul 05.00 WITA. Demikian pula dengan kegiatan wisatawan seperti diving, dimulai pukul 07.00 hingga 10.00 WITA.

Labuan Bajo juga menjadi tempat trekking terbaik di Indonesia. Di sana pencinta alam dapat trekking sambil melihat keberadaan Komodo.

Salah satu spot trekking terbaik adalah Pulau Padar. Di tempat ini, ada ratusan anak tangga yang memungkinkan para pendaki bisa menikmati keindahan alam sembari menguras energi. Barangkali agar terhindar dari virus corona.

Di punda Pulau Padar ini akan menjadi tempat terbaik di mana para wisatawan bisa mengalami sepotong surga karena seperti berada di atas awan, atau gunung Sinai.

Manta Point di Labuan Bajo. Foto: tempatwisata.pro
Manta Point di Labuan Bajo. Foto: tempatwisata.pro

Tak pelak, Labuan Bajo pun memiliki pesona bawah laut yang memukau. Tak hanya keindahan Pink Beach yang dikenal dunia, ada pula Manta Point dan Pulau Kanawa yang dikenal dengan biota lautnya yang beragam.

Beberapa spot diving terbaik di pulau ini di antaranya Castle Rock, Batu Bolong, Crystal Rock yang tentunya hanya bisa dijelajahi dengan menggunakan kapal.

Tidak hanya itu, Labuan Bajo juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal dari penjuru dunia untuk menjelajahi beberapa pulau indah di sekitarnya.

Bagi wisatawan, jangan kaget jika suatu waktu Anda mengunjungi dan mendapati ketiadaan makanan khas. Sebab di sana sajian makanan didominasi oleh Makanan Padang.

Jika ada teman-teman yang mau menambah spot-spot keren lainnya di Labuan Bajo, dapat menulisnya di kolom komentar, ya!

Anda bisa mengikuti kami di Fanpage: Kanawa Advance. Akan ada banyak informasi keren lainnya akan kami sajikan untuk menemani kopi harian Anda!*