LABUAN BAJO, FLORESPOS.ID – Selain Pulau Padar, Pink Beach, dan Manta Point, Pulau Kanawa di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, adalah satu spot wisata yang paling eksotik.

Tempat ini dapat memberikan sensasi yang luar biasa bagi wisatawan. Apalagi bagi kaum milenial yang suka jalan-jalan dan berswafoto. Pulau Kanawa menyediakan paket lengkap untuk Anda.

Pulau Kanawa memiliki tempat yang asri, air laut jernih, satwa laut yang beraneka warna, serta alamnya yang masih terjaga dan perawan.

Mengutip pegipegi.com., Pulau Kanawa terletak sekitar 15 km dari Kota Labuan Bajo dan berdekatan dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Salah satu aktivitas mengasyikan dan benar-benar membuat traveler betah menginjakan kaki di Pulau Kanawa tentu saja saat air sedang surut karena kamu bisa dengan mudah ‘panen’ satwa laut seperti kepiting kecil dan bintang laut.

Di bawah laut Kanawa tersimpan mutiara yang mengagumkan. Terumbu karang tumbuh dengan subur dan ini mengundang ikan berwarna-warni bersarang di sana.

Pulau Kanawa cocok buat temapt wisata milenial. Foto: @tukang_jalan
Pulau Kanawa cocok buat temapt wisata milenial. Foto: @tukang_jalan

Bagi Anda yang ingin diving dan snorkeling, perairan Pulau Kanawa menyediakan spot yang menyenangkan. Di dalam lautnya ada mola-mola, hiu paus, manta ray, parrot fish, kuda laut, dan masih banyak lagi binatang laut lainnya.

Pulau Kanawa kian mentereng seiring dengan perkembangan teknologi. Orang-orang yang pernah menginjakkan kakinya di tempat ini mengambil foto terbaiknya lalu kemudian disebarkan melalui media sosial.

Karena itulah, Pulau Kanawa selalu diimpikan banyak travellers. Apalagi kaum milenial.

Jika kesana Anda tidak perlu khawatir, seperi sekarang Anda sedang dilanda virus corona. Kamu bisa menginap di sana karena kini sudah ada bungalow di kaki bukit batu.

Penginapan ini dihubungkan oleh dermaga kayu yang berfungsi untuk melabuhkan perahu-perahu kecil. Sambutan hangat cantiknya Pulau Kanawa membuatmu ingin terus mengeksplorasi pulau mungil ini.

Di dermaga kayu ini Anda, mungkin dengan teman-teman Anda, dapat berfoto ria dan mengabadikan momen terindah yang terjadi hanya sekali dalam hidup Anda.

Pulau Kanawa sebenarnya dikelola oleh seseorang warga Italia, dari sebelumnya oleh warga setempat. Namun pulau ini tetap bisa dikunjungi oleh wisatawan umum dengan biaya masuk Rp50.000.

Bagi teman-teman dari luar Labuan Bajo, atau dari luar Flores dan NTT, Anda bisa menggunakan pesawat langsung ke Labuan Bajo karena sekarang sudah ada bandara internasional di Labuan Bajo.

Demikian dulu, ya gaes. Jangan lupa mampir ke Pulau Kanawa jika Anda berkesempatan mengunjungi Labuan Bajo.*