MAUMERE, FLORESPOS.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT kembali mengumumkan ada penambahan 3 kasus positif virus corona pada Jumat (22/5).

Dengan penambahan tersebut, maka kini NTT total memiliki 82 kasus, dengan 6 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia dan 75 orang masih dirawat di rumah sakit.

Sekretaris I Gugus Tugas Provinsi NTT Dominikus Minggu Mere dalam konferensi pers menyampaikan bahwa ketiga pasien baru tersebut masing-masing berasal dari Kota Kupang sebanyak 2 pasien dan Kabupaten TTS ada 1 pasien.

Ia menerangkan, pasien dari Kota Kupang merupakan adalah pasien rujukan dari RS Tentara Wirasakti Kupang. Keduanya pernah berkontak dengan pasien transmisi lokal yang pertama.

Sementara itu, pasien yang berasal dari Kabupaten TTS adalah seorang anak berusia 17 tahun dan berasal dari klaster Magetan.

Dengan bertambahnya 2 kasus transmisi lokal di Kota Kupang, Dominikus mengharapkan agar masyarakat NTT agar lebih patuh terhadap protokol kesehatan.

Masyarakat pun dihimbau untuk lebih sadar dalam memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

Dominggus menambahkan, hingga saat ini petugas medis di RSU Prof WZ Yohanes Kupang telah memeriksa 586 sampel dengan hasil, 365 negatif dan 87 positif dan 100 sampel lainnya masih menunggu hasil tes.

Sebaran Kasus

Adapun sebaran kasus corona di NTT adalah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Sikka: 27 kasus
  2. Kota Kupang: 20 kasus
  3. Manggarai Barat: 14 kasus
  4. Sumba Timur: 7 kasus
  5. Ende: 6 kasus
  6. TTS: 3 kasus
  7. Rote Ndao: 2 kasus
  8. Flores Timur: 1kasus
  9. Manggarai: 1 kasus

Jika dirinci berdasarkan klaster maka sebarannya seperti berikut:

  1. Klaster Lambelu: 22 kasus
  2. Klaster Gowa: 24 kasus
  3. klaster Sukabumi: 10 kasus
  4. Klaster STT Jakarta: 7 kasus
  5. Klaster Magetan: 5 kasus
  6. Klaster Papua: 2 kasus
  7. Klaster Yogyakarta: 1 kasus
  8. Transmisi lokal: 9 kasus*