LABUAN BAJO, FLORESPOS.ID – Bupati Pertama Manggarai Barat Fidelis Pranda dikabarkan telah meninggal dunia pada Selasa (17/3) di Denpasar, Bali.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa almarhum, pemerintah dan masyarakyat Manggarai Barat, di Nusa Tenggara Timur, mengibarkan bendera setengah tiang selama sepekan, mulai 18-24 Maret 2020.

Pengibaran bendera setengah itu dilakukan tidak hanya di kantor-kantor pemerintah, tapi juga di setiap rumah warga dan sekolah-sekolah.

Lahir di Pogo, Kecamatan Wetak, Manggarai Barat, 10 Oktober 1949, mendiang Fidelis adalah salah satu perintis terbentuknya Kabupaten Manggarai Barat pada 2003.

“Pemerintah telah mengimbau seluruh rakyat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari, mulai Rabu (18/3),” kata Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dulla, Rabu (18/3), melansir antaranews.com.

Fidelis Pranda menjabat Bupati Mabar pada periode 2003-2008. Sebelum terpilih menjadi Bupati, ia dilantik menjadi Pejabat Bupati Manggarai Barat pada September 2003.

Pelantikan itu dilakukan sebagai persiapan menjelang pemilihan kepala daerah definitif.

Selanjutnya melalui proses demokrasi dengan pemilihan kepala daerah secara langsung, Fidelis Pranda terpilih menjadi Bupati Manggarai Barat yang pertama.

Saat itu, ia berpasangan dengan Agustinus Ch. Dula, yang saat ini menjadi Bupati Manggarai Barat.*