LABUAN BAJO, FLOREPOS.ID – Menyusul masifnya penyebaran virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memutuskan untuk menutup akses wisata super premium di Labuan Bajo bagi wisatawan asal negara terpapar corona.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, kebijakan penutupan khusus bagi wisatawan asing itu dibuat untuk kepentingan melindungi warga di NTT.

“Jika memang harus terpaksa datang ke Labuan Bajo, wisatawan itu akan melalui sejumlah pemeriksaan super ketat dan lebih dari itu harus memiliki surat keterangan sehat dari otoritas kesehatan,” katanya di Kupang, melansir okezone.com, Selasa (17/3).

Adapun kebijakan yang diambil dari hasil rapat koordinasi bersama sejumlah instansi, badan dan lembaga lintas kementerian itu juga berlaku bagi seluruh lokasi wisata di NTT.

Selain wisatawan mancanegara, wisatawan asal sejumlah daerah Indonesia yang daerahnya sudah terpapar Covid-19, dari Jakarta, misalnya, juga diminta tidak datang dan berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di NTT sementara waktu.

“Kami memohon agar saudara-saudara tidak datang ke NTT dalam beberapa waktu ini demi menjaga kemungkinan penyebaran virus corona di daerah ini,” tambah Viktor.

Pemprov NTT pun akan mengerahkan segala sumber daya, baik darat, laut maupun udara, untuk memantau kebijakan penutupan tersebut.

Sementara itu, petugas medis dan sejumlah peralatan akan ditempatkan di Labuan Bajo untuk menjalankan standar operasional medik bagi para pengunjung.

“Kita berharap kebijakan ini bisa dimaklumi publik masyarakat Indonesia dan dunia,” ungkapnya.*