Flores tidak hanya punya satu pantai berpasir merah muda (pink beach). Ternyata, totalnya ada tiga pantai berpasir merah muda yang kesemuanya terletak di wilayah Taman Nasional Komodo – Flores, Indonesia. Pantai apa sajakah itu?

1. Pantai Merah

Pantai Merah adalah nama yang diberikan oleh masyarakat setempat untuk pantai berpasir merah muda yang terletak di teluk sebelah timur pulau Komodo. Inilah ‘Pink Beach‘ yang sudah umum dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai Merah menjadi salah satu destinasi utama yang ditawarkan dalam paket-paket wisata Komodo – Flores. Tidak hanya keindahan hamparan pasirnya, pengalaman snorkling sambil melihat kekayaan ragam biota lautnya pun akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan di Pantai Merah.

2. Pantai Namo

Meski terletak di pulau yang sama, namun pantai di pesisir timur pulau Komodo ini memang tidak terlalu populer. Bahkan, tidak semua pemilik dan penyedia jasa wisata Komodo Tour di Labuan Bajo yang mengetahui adanya pantai Namo.

Beberapa wisatawan yang beruntung pernah ke pantai ini bahkan menjulukinya ‘The Secret Beach at Komodo‘. Ya, tidak hanya kondisinya yang masih sangat alami dan jauh dari tangan-tangan jahil para pelancong, pasir pantai Namo lebih Merah dibanding pantai Merah (Pink Beach).

3. Pantai Padar

Pulau Padar juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo selain Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir yang tak kalah merah dari pasir pantai Merah dan pantai Namo.

Pantai merah muda di pulau Padar akan menjadi bonus selain mendaki ke puncak Padar. Ya, selain mendaki dan mengabadikan momen di pulau yang tergambar pada lembaran pecahan Rp50.000,- ini, berenang di pink beach-nya yang menawan adalah aktifitas yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke pulau Padar.

Demikianlah ulasan singkat tentang tiga pantai ‘pink beach‘ di Komodo – Flores. Jadi, di antara pantai Merah, pantai Namo dan pantai Padar, kamu akan pilih yang mana? Apapun pilihannya, jangan lupa untuk selalu menjaga keasriannya ya: “Take nothing but Picture, Kill nothing but Time, Leave nothing but Footprint.”