KUPANG, FLORESPOS.ID – Seorang pasien positif virus Corona di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan meninggal pada Selasa (12/5) malam.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius mengatakan, pasien tersebut menjadi orang pertama di NTT yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Pada Selasa sore, Pemprov NTT melaporkan ada 18 kasus positif di NTT dengan 1 pasien telah sembuh dan belum ada yang meninggal.

Pasien tersebut sebelumnya diketahui dirawat di ruang isolasi RSUD Prof WZ Johannes Kupang. Ia terpapar melalui transmisi lokal di wilayah Kota Kupang.

“Pasien yang dirawat di ICU RSUD Prof WZ Johannes Kupang beberapa menit lalu meninggal dunia,” kata Marius kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers.

Ia mengungkapkan kesedihan mendalam atas kepergiaan pasien terebut seraya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Ia menceritakan, pasien itu baru saja dinyatakan sebagai positif Covid-19 pada Senin (11/5) malam setelah pemeriksaan swab di Laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Selanjutnya, pasien yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang daging di Pasar Kasih Naikoten Kupang itu akan dimakamkan dengan protokol pemakaman Covid-19.

Sakit Types

Seperti kebanyakan pasien Covid-19 yang meninggal dunia di beberapa tempat, diketahui almarhum memiliki sakit bawaan, yaitu penyakit types.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTT Mandala menerangkan, pada 5 Mei lalu, ia dirujuk dari RST Wirasakti Kupang dan dirawat disana sekitar lima hari sebelumnya akhirnya pindah ke ruang Isolasi RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Ketika dilakukan pemeriksaan di IGD RSUD Prof WZ Johannes, ditemukan indikasi yang menjurus pada Covid-19. Lantas, ia ditangani sesuai protap medis untuk pasien Covid-19.

“Ia durujuk karena mengeluh sesak di dada, sehingga dilakukan rapid test. Ketika hasil positif, ia kemudian di swab,” ujar Mandala.

Mandala menambahkan, pihak Gugus Tugas Provinsi NTT juga telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Kota Kupang untuk melakukan tracing terhadap kontak terakhirnya.

Tadi sore, bahkan tim Gugus Tugas telah memasang lokasi berdagangnya di Pasar Naikoten dengan police line dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Untuk diketahui, secara nasional, Indonesia kini menderita 14.749 kasus positif Covid-19, tersebar di 34 provinsi dan 376 kabupaten/kota.

Dari jumlah tersebut, ada 3.063 pasien sembuh dan 1.007 meninggal dunia.*

Sumber: Pos Kupang Online