JAKARTA, FLORESPOS.ID – Gadis belia, cantik dan cerdas asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Sarlin Lede Jones, berhasil menjuarai gelaran perdana Miss Grand Indonesia (MGI) pada malam final Miss Grand Indonesia 2019 di Balai Sarbini Jakarta, Jumat (29/08).

Gadis kelahiran Kupang, 8 Mei 2001 ini berhasil meraih podium tertinggi setelah menyingkirkan 33 finalis lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketika dinobatkan menjadi juara MGI, Sarlin mengaku begitu bangga dan terharu.

“Terimakasih banyak kepada kedua orang tua saya, pemerintah NTT, dan basodara semua yang sudah mendukung saya. Tentunya saya bisa berdiri di sini sebagai pemenang MGI 2019 karena dukungan dari teman-teman semua,” katanya di Jakarta, Jumat (29/8) malam.

Alumni SMAN 3 Kupang tersebut pun mengajak perempuan-perempuan NTT lainnya agar bisa mengikuti ajang MGI Indonesia di tahun-tahun mendatang.

“Bagi teman-teman muda di NTT, kalian harus mengikuti ajang ini karena ajang ini memiliki misi yang sangat baik yaitu untuk perdamaian dunia. Jadi ajang ini sangat bagus untuk diikuti karena bisa menambah pengalaman,” tuturnya.

Selanjutnya Sarlin akan mewakili Indonesia pada Miss Grand Internasional, ajang yang ditujukan untuk aksi perdamaian dunia.

Sebelum malam final, sejumlah 34 finalis menjalani berbagai kegiatan termasuk sesi preliminary show dan sesi penjurian kostum tradisional. Di tahap ini, para finalis menunjukkan kebolehannya mengenakan busana tradisional dari daerahnya masing-masing.

Sesi preliminary dan tradisional costume ini sukses digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Selasa (27/8).

Menurut Presiden Director Miss Grand Indonesia sekaligus National Director Miss Grand International Indonesia Dikna Faradiba, pada sesi ini para finalis menunjukkan keragaman busana adat daerah masing-masing yang didesain sedemikian rupa.

Para finalis akan dinilai oleh para dewan juri, yang nantinya akan memilih Busana Tradisional Terbaik pada sesi malam grand final MGI 2019 pada 29 Agustus 2019.

Dikna berharap, dari ajang ini akan lahir perempuan Indonesia yang mampu membanggakan nama bangsa di ajang yang lebih tinggi, yaitu Miss Grand International mendatang.

“Saya optimistis, pemenang Miss Grand Indonesia 2019 nanti, akan juga bisa berprestasi dan membanggakan nama bangsa di pentas dunia,” ungkapnya.

Sarlin adalah gadis blasteran Sabu-Amerika Serikat. Ia merupakan anak dari pasangan David Cecil Jones dan Adriana Lede. Ibunya telah meninggal dua tahun lalu, dan saat ini ia tinggal bersama ayah dan adiknya.

Sebelum mengikuti ajang kecantikan ini, ia berkerja sebagai freelance model di Kupang. Keikutsertaannya di MGI merupakan bagian dari pencariannya untuk memperkaya pengalaman dan membanggakan nama NTT.*

Sumber: NTTBangkit.com