FLORESPOS.ID – Jumlah pasien sembuh dari virus corona di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah.

Pada Kamis (25/6), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTT melaporkan ada dua pasien yang mengalami kesembuhan.

Kedua pasien itu berasal dari Kota Kupang, dari transmisi lokal. Dengan kesembuhan ini maka total kesembuhan jadi 70 orang.

Grafik perkembangan kasus di NTT selama sepekan terakhir memang tercatat mengalami perlambatan, di mana temuan kasus baru bergerak di angka satu atau dua kasus.

Pada Kamis, Satgas Covid-19 mengumumkan ada satu kasus baru di NTT, juga berasal dari Kota Kupang, dari transmisi lokal.

Dengan penambahan jumlah kesembuhan dan satu kasus baru tersebut, maka pasien yang dirawat di NTT kini berkurang jadi 33 orang, turun dari sebelumnya 34 orang.

Sementara itu, secara akumulasi, total kasus di provinsi kepulauan ini menjadi 113 kasus, dengan 79 kesembuhan, 1 kematian dan 33 pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit di tiap kabupaten.

Meski mengalami perlambatan kasus, NTT kini masih memiliki 137 Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan 1.827 Orang dalam Pemantauan (ODP) serta 1.689 Orang tanpa Gejala (OTG).

Secara nasional, Indonesia kini memiliki total 50.187 kasus, dengan 2.620 kematian dan 20.449 kesembuhan.

Indonesia berada di posisi ke-29 dunia sebagai negara paling banyak terpapar Covid-19 dan tertinggi di ASEAN.

Secara global, kini sudah ada 9,7 juta penduduk terpapar positif Covid-19. Dari jumlah itu, ada 491.856 kematian dan 5,2 juta kesembuhan, menurut data Worldometers, Jumat (26/6) siang.

Selama bulan Juni ini, perkembangan penularan virus makin cepat dan berbahaya di sejumlah negara, terutama Brazil. Demikian halnya dengan Afrika Selatan di Afrika dan India di benua Asia.

Sementara vaksin belum ditemukan dan obat paling mujarab belum diedarkan, virus ini seperti terus berdampingan dengan manusia.*