MAUMERE, FLORESPOS.ID – Di tengah tsunami media yang cenderung oportunistik dan menjadi corong kekuasaan, media alternatif yang bergerak di luar kekuasaan dan menjadi “penyambung lidah rakyat” dewasa ini sangat sedikit.

NTT Progresif (nttprogresif.com), berniat untuk menjadi salah satu aktivisme jurnalistik alternatif berbasis investigasi untuk mengisi kekurangan tersebut.

Salah satunya hadir sebagai “penyambung lidah rakyat” yang menyajikan jurnalisme lintas ilmu demi suatu tatanan ekonomi politik yang lebih adil.

Visi dasar pendirian NTT Progresif berpijak pada spirit koran tertua Indonesia pada masa kolonialisme, Medan Prijaji, bentukan Tirto Adhi Soerjo (1907-1914), yang konsisten mengkritik kapitalisme-kolonialisme penjajah dan feodalisme para raja pribumi.

Bertepatan dengan Hari Pancasila 1 Juni nanti, NTT Progresif akan diluncurkan secara virtual. Acara peluncuran akan diadakan di www.nttprogresif.com dan melalui berbagai laman sosial media NTT Progresif: Youtube, Facebook, Twitter dan Instagram.

Platform jurnalistik alternatif ini digagas oleh sekelompok anak muda di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada awal tahun 2020 di tengah seruan global untuk mengurung diri di rumah lantaran pandemi virus corona yang mengancam nyawa.

Dalam sebuah keterangan pers, Pemimpin Redaksi Silvano Keo Bhaghi mengatakan, NTT Progresif akan menjadi platform dialog dan dialektika digital lintas ilmu berbasis fakta-opini jurnalistik, riset ilmiah, dan telaah filosofis dalam bidang ekonomi politik, filsafat, ilmu sosial, teologi, dan budaya yang dituntun oleh semangat “dialektis dan adil”.

Ada empat rubrik utama dalam kanal NTT Progresif, yaitu Ekonomi Politik, Filsoste (Filsafat, Sosial, Teologi), Gagasan, dan Budaya. Rubrik-rubrik ini dianggap cukup representatif untuk menciptakan dialektika yang berkembang di masyarakat kita.

Salah satu rubrik yang menjadi core NTT Progresif adalah Rubrik Ekonomi Politik, yang terdiri atas Ekonomi Politik Agraria, Ekonomi Politik Hukum, Ekonomi Politik Pendidikan, Ekonomi Politik Pariwisata, Ekonomi Politik Birokrasi & Pemerintahan, Ekonomi Politik Kesehatan & Lingkungan, dan Ekonomi Politik Bisnis & Investasi.

Dalam perjalanannya, NTT Progresif juga akan menghimpun karya jurnalistik dan gagasan-gagasan progresif dari pembaca dan masyarakat dalam berbagai bidang ilmu.

Hal itu bertujuan untuk memperluas jangkauan dialektika antarilmu dan pengetahuan, tidak hanya di NTT, melainkan juga di tingkat nasional dan global.

Acara peluncuran perdana NTT Progresif akan disiarkan melalui Kanal NTT Progresif (Youtube), NTT Progresif (Fanpage Facebook), @nttprogresif (Instagram), dan @nttprogresif (Twitter).

Sementara itu, pembaca dan publik yang tertarik untuk mengirim gagasan atau karya jurnalistik, dapat mengirimnya ke email Redaksi NTT Progresif di [email protected] dengan subjek berdasarkan nama keempat rubrik.*