Pulau Sembilan adalah sebuah pulau kecil misterius yang terletak di wilayah perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Berbeda dengan spot wisata lainnya di seputaran Labuan Bajo, pulau yang populer dengan nama Pulau Sembilan Flores itu jarang mendapat sorotan.

Jawaban tentang kapan pulau tersebut muncul, termasuk kehadiran ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish) berwarna biru keunguan yang hidup di dalamnya, masih menjadi misteri hingga kini. Para tour guide maupun masyarakat setempat hanya menyebutkan bahwa pulau kecil itu terbentuk dari kumpulan karang mati.

HERE Map vs. GOOGLE Map

Uniknya lagi, saat mencari lokasi pulau ubur-ubur tanpa sengat tersebut, ada kejanggalan yang ditemukan. Pada salah satu peta online, pulau tersebut tidak ada, bahkan kesannya “belum terbentuk”. Simak video berikut ini:

Pulau Sembilan Versi HERE Map

Pada foto peta satelit yang ditampilkan HERE Map, pulau sembilan tidak tampak. Hanya ada gundukan kecil berbentuk cekungan yang tampak pada ujung semenanjung pulau Mangiatan. Perhatikan gambar berikut:

Pulau Sembilan Versi HERE Map
Pulau Sembilan Versi HERE Map

Pulau Sembilan Versi GOOGLE Map

Sementara pada foto peta satelit versi Google Map, Pulau Sembilan Flores tampak terekam di ujung semenanjung pulau Mangiatan. Dari atas, pulau ubur-ubur stingless jellyfish tersebut kelihatan jelas, dengan bentuknya yang menyerupai angka sembilan. Lihat foto berikut:

Pulau Sembilan Versi GOOGLE Map
Pulau Sembilan Versi GOOGLE Map

Misteri tentang kapan Pulau Sembilan Flores terbentuk, mungkin akan terjawab suatu hari nanti. Namun, pesona dan keindahannya telah menunggu di sana, hari ini.

Jangan lupa juga untuk singgah di destinasi wisata seputaran Labuan Bajo lainnya yang dijamin tak kalah menarik untuk dikunjungi.*