Nama dan Tagline yang diusung oleh www.florespos.id adalah FLORESPOS.ID | Flores – Indonesia. Nama dan tagline tersebut merupakan perwujudan dari visi dibentuknya website ini, yakni mengenal dan memperkenalkan Flores – Indonesia.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Flores adalah pulau dengan kekayaan alam yang istimewa. Orang-orangnya pun terdiri dari ragam suku, agama dan budaya. Menyadari anugerah kekayaan sekaligus keanekaragaman itu adalah sebuah berkah sekaligus tanggungjawab pada saat yang sama.

Namun, jujur harus dikatakan, belum banyak yang menyadari berkah kekayaan dan keragaman yang dimilikinya karena terlahir dan dibesarkan sebagai ‘Orang Flores’. Hal itu tentu tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan akan segala potensi yang dimiliki oleh pulau Flores dan segenap ciptaan yang hidup di dalamnya.

Dalam konteks yang lebih luas, Flores (sebagaimana daerah-daerah lain di Indonesia bagian timur) masih ‘belum dikenal baik’ oleh masyarakat umum, baik di Indonesia maupun di manca negara. Bagi sekelompok orang, Flores mungkin hanya sebatas (pulau) Komodo dan Labuan Bajo. Padahal, itu hanya ujung barat dari sebuah pulau besar yang belakangan ini disebut-sebut sebagai “the Paradise of the East“.

Ya, tak kenal maka tak sayang.

Berangkat dari keprihatinan itulah, florespos.id hadir. Fokusnya adalah ‘mengungkapkan’ Flores melalui beranda internet agar ia semakin dikenal, baik oleh orang-orangnya sendiri, rekan sebangsanya dan masyarakat dunia.

Jika Senang Beritahu Teman, Jika Kecewa Beritahu Kami

Sebagai daerah yang sedang membangun dan mengembangkan ragam potensinya, terutama di bidang pariwisata, Flores pasti masih punya banyak kekurangan. Karenanya, www.florespos.id juga diharapkan menjadi media yang tidak hanya membicarakan “hal-hal baik” tetapi juga menjadi tempat untuk menyuarakan masukan-masukan yang membangun demi perkembangan dan kemajuan Flores.

Ya, jika senang, beritahukanlah ke teman-teman tentang Flores. Ceritakanlah pengalaman-pengalaman tentangnya, di beranda internet, pun dalam perbincangan hangat bersama orang-orang terdekat. Jika berkenan, sempatkanlah mengirimkan cerita seputar pengalamanmu ke www.florespos.id. Ceritamu akan kami sambut dengan hangat dan kami sebarluaskan dengan bangga.

Namun, jika kecewa, beritahukanlah ke kami. Sampaikanlah apa yang menjadi kekurangan Flores (dan orang-orangnya). Kami akan berusaha untuk menyikapinya dan meneruskan dalam rumusan konstruktif kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Untuk itulah florespos.id ada. Untuk turut berkontribusi, meski dalam bentuk yang paling kecil dan sederhana, demi membangun serta memajukan Flores. Itulah salah satu cara kami, cara kita, mewujudkan cinta kepada kepada Indonesia Raya.

Teriring jabat erat dan senyum hangat.