LABUANBAJO, FLORESPOS.ID – Puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 akan dipusatkan di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri dijadwalkan akan menghadiri perayaan tersebut.

HPSN ini diselenggarakan serentak untuk mengenang peristiwa longsor yang terjadi 21 Februari 2005, di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Leuwigajah, Jawa Barat.

Kepala Sub Bidang Sampah Spesifik dan Daur Ulang Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ari Sugastri mengatakan, puncak HPSN akan dilangsungkan pada 21 Februari mendatang.

Terpilihanya Labuan Bajo tidak terlepas dari penetapannya sebagai daerah destinasi pariwisata super prioritas dan tujuan wisata premium oleh Presiden Jokowi.

“Pada 21 Februari nanti, akan diselenggarakan HPSN, rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan berpusat di Labuan Bajo NTT,” katanya saat diskusi sampah di Hotel La Prima Labuan Bajo, Rabu (12/2).

Ari menjelaskan, diskusi sampah ini digelar sekaligus edukasi kepada masyarakat.

Karena itu, pemerintah juga mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, untuk penyusunan kebijakan Strategi Daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Ia pun mendorong kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam peningkatan kinerja di bidang penanganan sampah. Hal yang perlu dilakukan menurut Ari yakni memilah sampah di setiap RT, Pasar, Kantor dan lingkungan masing-masing.

Saat ini, kata Ari, pemerintah terus berupaya melakukan pengurangan volume sampah dengan gerakan mengolah sampah mandiri 3R: Reduce, Reuse, dan Recycle.

“Jadikan sampah sebagai kawan yang bisa mendatangkan keuntungan. Prinsip 3R dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja, yang dibutuhkan adalah waktu dan kepedulian terhadap lingkungan, tindakan dan perilaku kita,” pungkasnya*

Sumber: infopublik.id