Ada kopi Flores dalam cangkir kopi yang diminum Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Kedai Kopi Tuku di Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (2/7/2017) siang. Kopi Flores menjadi salah satu bahan racikan untuk meracik ‘Kopi Susu Tetangga’, menu kopi yang dipilih Jokowi.

Meurut Andanu Prasetyo, sang pemilik kedai kopi Tuku, menu Kopi Susu Tetangga memang cukup populer di kalangan pengunjung. Adapun bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah campuran dari gilingan kopi Flores, Aceh dan Garut, kemudian dicampur susu dan gula aren.

“Kopinya sendiri menggunakan racikan khusus. Jadi, ketika disangrai, ada waktu tertentunya, sampai pada kualitas tertentu yang menurut kami maksimal rasanya,” ungkap Prasetyo seperti dikutip Kompas.com, Minggu (2/7).

Tidak hanya Jokowi yang memesan menu tersebut, Ibu Negara Iriana dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu serta Kaesang Pangarep juga kompak memesan Kopi Susu Tetangga yang sama.

Iriana memesan menu yang persis sama seperti Jokowi, Kopi Susu Tetangga yang hot. Sementara Kaesang dan Kahiyang memesan Kopi Susu Tetangga yang disajikan dingin.

Kunjungannya bersama keluarga ke Kedai Kopi Tuku juga diabadikan Jokowi ke vlog-nya. “Saya sangat menghargai sekali keberanian anak-anak muda dalam membuka usaha, mengangkat brand lokal, brand nasional, yang tak kalah dengan brand-brand internasional,” ungkap Jokowi.

Simak videonya berikut ini:

“Di Toko Kopi Tuku Cipete, sore tadi, saya menikmati racikan anak-anak muda Indonesia. Ini brand lokal yang tak kalah dengan brand Internasional.

Negeri ini begitu kaya dengan beragam jenis dan rasa kopi. Ada kopi Bali, Flores, Aceh, Garut dan lain-lain.

Kalian senang kopi dari daerah mana?” – Presiden Joko Widodo