Taman Nasional (TN) Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur dinobatkan sebagai salah satu dari 100 destinasi wisata terbaik tahun 2017 versi majalah National Geographic.

Dalam edisi khusus yang merilis daftar destinasi wisata terbaik tersebut, National Geographic bahkan menempatkan pulau Komodo pada urutan 10 dan masuk dalam kategori spring adventures atau tempat wisata yang direkomendasikan untuk dinikmati di musim semi.

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), yang pada 2012 menjadi Duta Pulau Komodo mengungkapkan, masuknya TN Komodo di majalah tersebut merupakan capaian yang positif bagi pariwisata Indonesia.

“Nilainya 10 besar itu Komodo. Itu menandakan bahwa upaya kita mempopulerkan Komodo itu berhasil artinya itu capaian yang baik, karena memang ini menarik untuk orang luar,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Namun JK juga menegaskan, pengelola setiap kawasan wisata TN Komodo harus dapat memperbaiki fasilitas dan juga menjamin kenyamanan serta kebersihan bagi para pengunjung. Dengan demikian diharapkan,  TN Komodo dapat terus menjadi tujuan utama wisatawan asing.

“Dan bukan hanya komodo, disitu juga ada Pink Beach, ada tempat untuk menyelam. Disana juga lebih banyak yang suka tinggal di perahu phinisi, artinya banyak orang lokal punya penghasilan juga,” jelasnya.

Berikut daftar 10 Besar Destinasi Wisata Terbaik yagn dirilis National Geographic:

  1. Jaipur, India
  2. Honshu, Jepang
  3. Filipina
  4. Tasmania, Australia
  5. New Orleans, Amerika Serikat
  6. Girona, Spanyol
  7. Seoul, Korea Selatan
  8. Sicilia, Italia
  9. Fez, Maroko
  10. Pulau Komodo, Indonesia

Simak video menarik tentang Komodo: