Bersepeda keliling Flores, ternyata bukan hanya event ‘milik’ Tour de Flores. Ada ‘satu lagi’ kegiatan tahunan bersepeda keliling Flores yang telah dimulai sejak 2013 tetapi ‘tak seheboh’ Tour de Flores: Komodo Audax.

Tidak seperti kegiatan Tour de Flores yang merupakan ajang lomba balap sepeda, Komodo Audax ‘hanyalah’ sebuah kegiatan petualangan keliling Flores dengan bersepeda. Meski demikian, pesertanya tetaplah pesepeda yang dituntut memiliki kemampuan bersepeda mahir dengan kualifikasi tertentu.

Betapa tidak, event yang diselenggarakan pada bulan Mei setiap tahunnya itu ‘juga’ melintasi jalur Larantuka – Labuan Bajo (700 Km) hanya dalam lima hari. Hampir sama dengan jumlah hari dan jarak yang dilintasi oleh pembalap Tour de Flores. Tentu saja, kemampuan bersepeda yang mumpuni dan daya tahan tubuh yang prima sangat dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan ini.

jalur sepeda keliling pulau flores
Jalur sepeda keliling pulau flores – Ist.

Namun, Komodo Audax bukanlah semata-mata kegiatan “bersepeda”. Di halaman websitenya (komodoaudax.com) dijelaskan, kegiatan jelajah dan olahraga sepeda keliling Flores ini ‘juga’ dimaksudkan agar pulau Flores lebih dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan kunjungan wisata ke pulau Flores.

Adapun pendanaannya, didapat dari sponsorship dan dari biaya pendaftaran peserta. Setiap peserta yang mendaftar, baik warga negara Indonesia maupun warga negara asing, dikenakan biaya Rp. 17.250.000 untuk single room dan Rp. 15.000.000 untuk share room. Biaya itu sudah mencakup tour sehari penuh ke Taman Nasional Komodo di hari keenam.

“Secara umum Komodo Audax bertujuan untuk berwisata di pulau Flores, meningkatkan kujungan wisata ke Pulau Flores dan lebih mencintai Indonesia.” – Komodo Audax.

Meski ‘tidak seheboh’ Tour de Flores, sebagai salah satu kegiatan bersepeda lintas Flores untuk mengenalkan Flores kepada dunia, Komodo Audax pun patut mendapat apresiasi dan dukungan. Lambaian tangan sepanjang jalan, ramah penerimaan di setiap persinggahan, dan ketulusan untuk menyambut setiap mereka yang datang berkunjung adalah dukungan yang besar artinya dalam memajukan pariwisata Flores.*