KUPANG, FLORESPOS.ID – Sebanyak 56 pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Provinsi Nusa Tenggara Timur dinyatakan sembuh, menurut laporan media pemerintah, Rabu (17/6) malam.

“Jumlah pasien yang sembuh dari paparan Covid-19 di NTT semakin bertambah setiap hari. Kita harapkan jumlah pasien yang sembuh terus meningkat,” ujar Dominikus Minggu Mere, Kepala Dinas Kesehatan NTT yang juga menjadi juru bicara satgas Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa jumlah tersebut dihimpun setelah terjadi penambahan lima pasien sembuh baru setelah sebelumnya Pemprov NTT melaporkan ada 51 pasien yang sembuh pada Rabu (17/6) pagi.

Menurutnya, kelima pasien yang sembuh tersebut berasal dari dua kabupaten, yaitu Kabupaten Ende dan Kota Kupang.

Di Ende ada tiga orang yaitu dua orang dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan dan satu dari transmisi lokal. Sementara di Kota Kupang, ada dua pasien lainnya yang merupakan transmisi lokal.

Kelima pasien, kata Domi, telah dipulangkan ke rumah mereka dalam koordinasi dengan Dinas Kesehatan masing-masing.

Domi juga mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 94 spesimen swab dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sikka, Manggarai Barat, Ende dan Rote Ndao semuanya negatif.

“Selama empat hari ini tidak ada penambahan pasien positif di NTT. Semua hasil pemeriksaan swab di RSUD WZ Johannes Kupang hasilnya semua negatif dari paparan Covid-19,” ungkapnya.

Sebelumnya, Domi melaporkan ada penambahan lima pasien sembuh, sehingga jumlah kesembuhan di NTT mencapai 51 orang.

Kelima pasien itu berasal dari Manggarai Barat (4 orang), yang terdiri dari tiga orang dari klaster Gowa dan 1 orang transmisi lokal.

Sementara satu orang lainnya berasal dari Kabupaten Flores Timur, yang juga berasal dari klaster Gowa.

Dengan kesembuhan 56 pasien Covid-19, maka data Covid-19 terbaru di NTT adalah: 108 kasus, dengan 56 sembuh, 1 orang meninggal dan 51 pasien sedang dirawat.*