JAKARTA, FLORESPOS.ID – Johnny Gerard Plate, politisi Partai Nasdem asal Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika menggantikan Rudiantara oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10) pagi.

Keterpilihan Johnny Plate sebagai menteri di Kabinet “Indonesia Maju” Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024 menjadikannya sebagai orang pertama asal Manggarai yang menjabat sebagai menteri.

Sebelumnya, ada beberapa menteri asal NTT, seperti Frans Seda (Sikka), Sony Keraf (Lembata), Jacob Nuwa Wea (Nagekeo) dan Saleh Husein (Rote Ndao).

Namun belum ada satu orang pun putra terbaik Manggarai yang berhasil menggugah hati Presiden untuk dipinang sebagai menteri.

Baru kali ini, Johnny Plate, dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Partai Nasdem dan Anggota Komisi IX DPR, yang berhasil memenangkannya di antara deretan politisi dan intelektualis lainnya.

Dalam acara pengenalan dan penetapan menteri di kabinet jilid II, Rabu (23/10), Jokowi menaruh kepercayaan besar kepada putra terbaik NTT yang sering tampil sebagai “penengah” dalam diskusi-diskusi di televisi tersebut.

“Masalah cyber crime, kedaulatan data, dan lain-lainnya akan menjadi wilayah beliau,” kata Jokowi di Istana Negara.

Fokus pada Tugas yang Masih Tertunda

Johnny Plate dalam kata sambutan pertama di depan jajaran Kemenkominfo mengatakan, jabatan sebagai Menkominfo merupakan posisi incumbent atau petahana.

Sebab, ia mengatakan akan melanjutkan program-program Kemenkominfo saat dinahkodai oleh Menkominfo periode 2014-2019, Rudiantara.

“Hari ini saya secara resmi dilantik sebagai Menkominfo RI. Saya yakin bahwa kementerian kabinet ini periode lanjutan,” ujarnya.

Karena itu, Johnny Plate mengatakan dirinya tak perlu lagi ditanya soal program 100 hari atau program 1000 hari.

Namun, ia akan fokus terhadap program-program Menkominfo sebelumnya yang masih tertunda, khususnya terkait UU Perlindungan Data Pribadi, BTS Palapa Ring, hingga fungsi Kemenkominfo sebagai Government Public Relations (GPR).

“Jadi saya tak perlu ditanya program 100 hari, program 1000 hari tapi saya akan lakukan kelanjutan program yang telah dibangun,” kata Johnny.

Sudah Ada Tanda-Tanda

Mantan Menkominfo Rudiantara banyak berseloroh dalam sambutan penyerahan jabatannya kepada Johnny Plate.

Ia mengatakan, penunjukan Johnny Plate sebagai menteri penggantinya pada periode lima tahun ke depan sudah ada tanda-tanda sebelumnya.

“Tuhan sudah memberi tanda-tanda. Perjalanan dinas saya paling banyak ke Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Provinsi NTT, khususnya Dapil NTT 1 adalah daerah pemilihan Johnny Plate kala maju sebagai calon legislatif dua tahun berturut-turut.

Adapun selama menjabat sebagai Kominfo dulu, Rudiantara memang banyak membangun infrastruktur komunikasi di NTT, seperti menara BTS.

Rudiantara mengatakan Kominfo ke depan memiliki banyak tantangan. Ia merinci, Kominfo perlu mempercepat digitalisasi di berbagai bidang. Isu strategis lainnya yang perlu digeber ialah perlindungan data pribadi.*

Simak cuplikan video berikut:

Sumber: Tempo.co