Jakarta, Florespos.id – Upaya pemerintah Indonesia menangani sampah plastik diapresiasi pemerintah Jepang melalui Menteri Lingkungan Hidup Tsukasa Akimoto. Salah satu keberhasilan itu adalah revitalisasi sungai Citarum yang sedang digenjot saat ini.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Media Briefing di Kantor Kementrian Kemaritiman, Selasa (2/7).

Menko Luhut mengatakan, Menteri Tsukasa menganggap Indonesia sebagai leader dalam penanganan masalah sampah. Karena itu, Jepang pun akan membantu pelatihan bagi peneliti Indonesia menyangkut monitoring sampah dalam sebuah skema kerjasama global.

“Saya bertemu dengan Menteri LH Jepang, mereka anggap kita sebagai leading dalam penanganan plastic debris, mereka juga apresiasi revitalisasi Citarum, mereka sangat tertarik kita bisa menggerakkan seluruh pihak,” katanya.

Dalam agenda Round Table bersama dengan perusahaan-perusahaan Jepang, Menko Luhut juga menuturkan mengenai ketertarikan perusahaan otomotif kelas dunia Toyota, yang rencananya akan masuk di Indonesia untuk mengembangkan mobil listrik.

Toyota, kata Luhut, akan masuk pasar di Indonesia karena Indonesia dianggap bisa menjadi basis industri mobil elektrik, terutama karena kelebihan industri baterai lithium. Dengan itu, Indonesia akan menjadi pemain global dalam industri otomotif.

“Jepang sendiri menganggap negara kita sangat stabil, mereka hanya minta regulasi akan dipermudah di Indonesia,” tambahnya.*