Atlet Kempo Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih prestasi gemilang dalam kejuaraan Shorinji Kempo World Taikai 2017 di Stadion San Mateo, California, Amerika Serikat.

Totalnya, ada enam medali untuk Indonesia yang berhasil dibawa pulang oleh Tim Kempo asal NTT tersebut.

“Target kami tercapai yakni 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu. Ini berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia khususnya NTT, untuk para atlet yang berlaga di Amerika Serikat,” ungkap Ketua Tim Kempo Indonesia Esthon L Foenay seperti dikutip merdeka.com, Senin (31/7).

Esthon menambahkan, perolehan hasil tersebut tidak lepas dari latihan matang tim sebelum berangkat ke Amerika Serikat. Para atlet tampil gemilang meski diakui, lawan yang dihadapi cukup berat.

“Rencananya kami akan tiba kembali di Indonesia pada tanggal 2 Agustus nanti,” ujarnya.

Juara Dunia Kempo Kedua Setelah Jepang

Dengan total perolehan enam medali, Indonesia berhasil meraih posisi kedua setelah Jepang yang menjadi juara umum dengan memperoleh 15 medali.

Medali emas pertama untuk Indonesia diraih Frangky Valentino Gewe dan Rama Valentino Ngete yang bermain di nomor embu pasangan putra 1 DAN.

Emas kedua diraih embu pasangan putra kyu kenshi Ran Dhaka Putra dan Arif Purwanto. Sedangkan emas ketiga diraih Romana Bala dan Dewinda Verina Phinis yang bermain di nomor embu pasangan putri kyukensi.

Medali perak diraih Kiven Heo yang bermain di nomor embu tunggal putra, sedangkan perunggu masing-masing diraih dari nomor embu beregu kyudansa dan nomor embu solo putri kyukensi.

Shorinji Kempo World Takai di San Mateo California – Amerika Serikat diikuti 22 negara diantaranya Indonesia, Canada, Amerika Serikat, Rusia, Spanyol, Finlandia, Jerman, Swedia, Portugal, Vietnam, Italia dan Jepang.

Berikut nama-nama atlet Kempo NTT yang mewakili Indonesia dalam kejuaraan Shorinji Kempo World Taikai 2017:

  1. Frengki Falentino Gewe
  2. Rama Falentino Ngeta
  3. Jams Adi Pah
  4. Aldiani Astrid Helena Deni
  5. Dewinda Verina Pinis
  6. Romana Claudia Kenshi Balla
  7. Aris Purnomo
  8. Ade Kotia Saputra
  9. Toba Permata Negara Rajagukguk
  10. Helena ElanMissa
  11. Kartika Th. Natazia Toh
  12. Megawaty Christine Selan
  13. Danni Pramana Rohi
  14. Febryan Cornelis Lomi
  15. Tessa Marini Rohi Kanni
  16. Kiven Brendely Delavento Heo