Jakarta, Florespos.idKementerian Keuangan menyelenggarakan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019 sebagai wadah kolaborasi dengan para pemuda yang akan berada pada puncak usia produktif untuk tukar pemikiran terkait Visi Indonesia 2045.

Selain itu, MOFEST dapat menjadi ruang bagi generasi muda untuk mengeksplorasi, dan menyampaikan aspirasi dalam pengelolaan APBN.

Sebagaimana diproyeksi Kementrian Bappenas, pada perayaan 100 tahun kemerdekaan tahun 2045, Indonesia ditargetkan memiliki PDB terbesar ke-5 dunia dengan PDB per kapita mencapai angka US$23.199.

Sementara pada tahun 2036, Indonesia juga harus keluar dari jebakan negara kelas menengah atau Middle Income Trap dengan menjadi negara berpendapatan tinggi.

Namun, saat ini, Indonesia menghadapi banyak tantangan, antara lain ketidakpastian ekonomi global dan ancaman perang dagang, defisit perdagangan yang terus melemah, kurangnya produk subsitusi impor, dan masih banyak lagi.

Merespon tantangan itu, maka penyelenggaraan MOFEST akan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melakukan kolaborasi dengan generasi muda/usia produktif (15-64 tahun) yang diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa pada tahun 2030-2040.

Dengan mengusung tema “Future of Today” atau “Masa Depan Hari Ini”, diharapkan MOFEST dapat memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri dan memahami potensi ekonomi Indonesia sehingga siap berkontribusi, mewujudkan Visi Indonesia 2045 tersebut.

Pekanbaru menjadi kota pertama penyelengaraan MOFEST 2019. Kemudian dilanjutkan dengan Pontianak 8 Agustus 2019, Kendari 29 Agustus 2019, Surabaya 12 September 2019, Yogyakarta 3 Oktober 2019 dan Jakarta menjadi puncak acara yang direncanakan pada bulan Oktober mendatang.

Kegiatan ini ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, akademisi, komunitas, karyawan, pengusaha, professional, hingga investor yang mencari peluang pengalaman, memperluas network, hingga meraih inspirasi dari para ahli di bidangnya.

Tahun ini MOFEST akan mengusung beberapa agenda, diantaranya adalah:

Pertama, MOFEST Conference, yaitu seminar yang menghadirkan para pembicara prominen untuk memberikan wawasan, pengalaman, insight, dan ide-ide baru. MOFEST Conference hanya akan dilaksanakan pada acara puncak MOFEST yaitu di Jakarta.

Kedua, MOFEST Talk, yaitu talkshow interaktif seputar isu-isu yang berkaitan dengan Ekonomi, Ekonomi Digital, Bisnis, Kewirausahaan, Keuangan dan Ekonomi Kreatif.

Ketiga, MOFEST Coaching Clinic, yaitu forum diskusi untuk meningkatkan soft skill audience yang meliputi keterampilan, motivasi, bisnis, kreatifitas sekaligus memberikan kesempatan networking baik antar mentor maupun sesama peserta.

Akhirnya, MOFEST Expo, yaitu menghadirkan beberapa entitas baik dari pemerintahan, swasta maupun UMKM dalam bentuk showcasing atau interaktif exhibition.*