Jakarta, Florespos.id – Ketua Umum dan pengurus periode 2019/2021 Forum Mahasiswa dan Pemuda Ngada (Formapena) Jabodetabek secara resmi dikukuhkan melalui perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Rofinus Neto Wuli di Aula St. Valentino Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (21/7).

Dalam misa pelantikan itu, RD. Rofinus melantik Emilianus Kadju sebagai Ketua Umum Formapena Jabodetabek bersama dengan semua pengurus organisasi periode dua tahun ke depan.

Emil sebelumnya dipilih pada 21 Juni 2019 melalui Musyawarah Umum Bersama (MUB) I bertemakan “Merajut Impian dan Menenun Harapan” di Margasiswa PMKRI Cabang Jakarta Utara.

Emild dalam sambutannya mengatakan, menghadapi era Industri 4.0, kaum muda dan mahasiswa Ngada Jabodetabek perlu memanfaatkan tantangan sebagai peluang. Tantangan yang dimaksud adalah komplesitas teknologi dan disrupsi media komunikasi publik.

“Sudah saatnya kita, anak muda Ngada, Su’u Papa Suru, Sa’a Papa Laka (artinya: berat sama dipikul, ringan sama dijinjing) untuk membangun kapasitas dan soft skill kader-kader kita untuk ikut bersaiang secara profesional dalam era industri 4.0 yang ditandai oleh penemuan dan perluasan dunia siber,” katanya.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh ketua organisasi daerah (organda) dari daerah-daerah lain se-NTT, termasuk dari Nagekeo dan Sumba.

Selanjutnya, Emil berharap agar para pemuda dan mahasiswa Ngada dan NTT umumnya yang bermukim di wilayah Jabodetabek bisa bersatu dan mengharumkan nama NTT di kancah nasional.

“Dengan kehadiran teman-teman ketua organda se-NTT, kami akan melakukan konsolidasi pemuda dan mahasiswa se-NTT untuk menciptakan kader muda NTT demi mencapai masyarakat ekonomi NTT yang mandiri,” imbuh Emil.

Beberapa organda yang hadir pun mengucapkan proficiat atas pelantikan Ketua Formapena Jabodetabek perdana. Salah satunya berasal dari Ketua Organda Pemuda Sumba.

“Kami senang bisa diundang pada acara pelantikan ketua Formapena. Semoga ini awal dari konsolidasi mahasiswa dan pemuda NTT di Jabodetabek,” kata Ketua organda pemuda Sumba Umbu Yogi Pratama.

Sementara itu, ucapan selamat datang dari Ketua organda Nagekeo Jabodetabek Mosa Foa. Dalam kesempatan itu ia mengharapkan agar anak-anak muda NTT bisa membangun konsolidasi untuk membangun daerah Flobamora tercinta.*