KUPANG, FLORESPOS.ID – Dua rumah sakit di Pulau Flores akan segera memiliki alat pemeriksaan swab atau swab test berupa tes cepat molekuler (TCM) untuk pasien virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (7/6) lalu.

Adapun dua rumah sakit tersebut, yakni RSUD TC Hillers di Kabupaten Sikka dan RSUD Komodo di Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggu Mere, yang juga merupakan juru bicara Gugus Tugas NTT mengatakan bahwa RSUD TC Hillers Maumere siap melayani pemeriksaan sample swab dari tiga kabupaten, yaitu Flores Timur, Lembata dan Sikka.

Sementara RSUD Komodo akan melayani pemeriksaan sample swab dari Manggarai Timur, Manggarai serta Manggarai Barat.

“Dalam waktu dekat ini kami akan mendistribusikan cartridge untuk pemeriksaan swab di beberapa kabupaten yang akan menggunakan tes cepat molekuler (TCM) untuk pemeriksaan sample swab pasien Covid-19,” ujar Domi di Kupang, melansir Pos Kupang.

Ia menjelaskan bahwa penyaluran alat TCM tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan pengujian sampel menjelang pemberlakukan “new normal” di NTT, 15 Juni mendatang.

Dalam penyaluran tahap pertama ini, akan ada pula dua rumah sakit lain yang segera mendapatakannya, yaitu RSUD Umbu Rara Meha di Sumba Timur dan RSUD WZ Johannes Kupang di Kota Kupang.

Domi menerangkan, RSUD Umbu Rara Meha akan melayani pemeriksaan sample swab pasien Covid-19 dari Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Sumba Tengah.

Sementara itu, RSUD WZ Johannes Kupang menerima bantuan TCM untuk melayani pemeriksaan sample swab dari wilayah TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang.

Tahap Kedua

Melihat peta penyaluran alat swab test tahap pertama tersebut, tampak bahwa masih ada beberapa kabupaten yang belum kebagian.

Domi menuturkan bahwa bantuan TCM tahap kedua nantinya akan dialokasikan untuk RSUD Ende dan RSUD Gabriel Manek di Belu karena peralatannya harus diinstal sebelum digunakan.

Untuk fasilitas TCM di RSUD Ende nantinya siap melayani pemeriksaan swab pasien dari Ngada, Nagekeo dan Ende.

Sementara, fasilitas TCM di RSUD Gabriel Manek untuk pemeriksaan swab rujukan dari Malaka, Timor Tengah Utara dan Belu.

Dengan penyebaran alat swab test di beberapa titik ini maka ke depannya pemeriksaan sampel tidak lagi menumpuk di RSUD WZ Johannes Kupang.

Dengan demikian, NTT menjadi lebih siap untuk menghadapi era “new normal” dengan kondisi yang lebih aman.*