Ditendang Sapi Qurban, Rohim Tidak Sadarkan Diri
Abdul Rohim (55 tahun).

JAKARTA, FLORESPOS.ID – Viral di berbagai media online dan media sosial seorang asisten tukang jagal pingsan ditendang sapi saat hendak melakukan penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha 2019.

Sebenarnya kejadian peristiwa ini terjadi sudah lebih dari 4 hari yang lalu, tetapi beritanya heboh dan lucu beredar viral sampai hari ini.

Abdul Rohim (55 tahun) nama tukang jagal itu. Ia adalah asisten tukang jagal di Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Giginya tercopot 5 buah setelah ditendang sapi hewan kurban yang sedang dipegangi olehnya, pada Minggu (11/8).

Rohim sempat semaput tidak sadarkan diri selama kurang lebih 45 menit. Bahkan ia sempat dikira hampir meninggal oleh warga di sekitar kejadian.

Selain giginya yang tanggal, rahang dan dagu Rohim juga mengalami memar dan luka serius.

Sesaat setelah insiden, Rohim dievakuasi ke UGD Rumah Sakit Hermina, Cengkareng oleh panitia qurban dan warga sekitar.

Sekuensi Kejadian

Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Musallah Al Mustaqim, Jl Merpati 3 (Jl Utama III), menyembelih 3 ekor sapi dan domba hasil urunan jamaah selama setahun.

Kedudukan Rohim adalah salah satu asisten tukang jagal yang bertugas saat Idul Adha kemarin.

Selain membantu membaringkan hewan qurban, mengikat kaki belakang, Rohim juga ikut menyamak kulit, memotong daging sembelihan.

“Lagi kena sial saja, kecelakaan, qurban sapi pertama lancar-lancar, sapi yang kedua ini stres, ngamuk, lalu tendang korban yang pas posisi jongkok, mau ikat kaki belakang,” kata Kepala Kepolisian Sektor Cengkareng Kompol Khoiri seperti dilansir Antara, Minggu (11/8).

Dari potongan video berdurasi 43 detik yang viral sejak sore kemarin, insiden nahas itu terjadi di salah satu gang depan Musolla.

Lantunan takbir, tahlil, dan tahmid Idul Adha, mewarnai insiden yang disaksikan sekitar 50-an warga dan jamaah Musolla.

Sapi diikat di pagar musalah, pas diatas konstruksi penutup saluran got warga. Kurang dari 60 detik, Rohim masih sempat mengutas tali utama di leher sapi.

Lalu karena sang sapi berontak, Rohim mengambil inisiatif menepuk punggung sapi. Saat jongkok bermaksud memasukkan tali lasso untuk sepasang kaki belakang, kaki kanan sapi menendangnya.

“Astagafirullah…,” demikian respon spontan seorang wanita paruh baya.

Sapi berbobot hampir 1.000 kg tersebut bereaksi spontan menendang Rohim hingga pingsan tersungkur. Dagu dan rahangnya terluka. Dia tidak sadarkan diri dan dibopong warga.*