JAKARTA, FLORESPOS.ID – Di tengah pandangan negatif yang memandang provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai daerah miskin dan tandus, ternyata masih tersimpan mutiara berharga yang patut disyukuri dan dibanggakan kepada dunia luar.

Salah satu mutiara tersebut adalah produk pertanian berupa cokelat. Selain tersebar di beberapa wilayah di Flores, cokelat asal kabupaten Sumba Barat adalah satu di antara produk yang terbaik.

Merek cokelat asal Sumba Barat tersebut disebut “Gaura”. Produk lokal ini diproduksi oleh PT Timor Mitra Niaga.

Pekan depan, Gaura akan mengikuti pameran cokelat terbesar dunia, yaitu Salon du Chocolat 2019, di Paris Expo Porte de Versailles, Perancis. Pameran ini diikuti 500 produsen cokelat dari seluruh dunia.

“Kegiatan pameran cokelat terbesar di dunia ini, akan berlangsung pada 30 Oktober hingga 3 November 2019 mendatang,” ujar Bobby Lianto, Direktur Pemasaran PT Timor Mitra Niaga, melansir Kompas.com, Minggu (27/10).

Menurut Bobby, Gaura merupakan produksi cokelat pertama PT Timor Mitra Niaga dan peluncurannya pun akan digelar di Paris. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat diagendakan akan mengikuti peluncuran tersebut.

Ada tiga produk cokelat yang diluncukan, yaitu Dark Chocolate 60 persen, Dark Chocolate 80 persen dan Moringa Chocolate.

PT Timor Mitra Niaga adalah perkebunan besar swasta nasional di bidang kakao, yang selama ini sudah lebih dari 25 tahun menggeluti perkebunan di bidang kakao.

Selama ini, perusahaan tersebut telah memproduksi biji kakao fermentasi dengan kualitas terbaik yang telah dieksport sampai ke Eropa.

Pada tahun 2015, biji cokelat asal Sumba Barat ini mendapat penghargaan International Cocoa of Excellence, sebagai salah satu biji kakao terbaik di dunia.

Namun, baru kali ini, lanjut Bobby, pihaknya memproduksi cokelat dan diberi merek Gaura sesuai dengan nama lokasi perkebunan tersebut.

Bobby berharap, pasar biji kakao dan cokelat asal NTT, bisa terbuka luas secara internasional.

“Harapan kita, tentu bisa ekspor semakin banyak dan luas, serta masyarakat luas bisa tahu bahwa ada cokelat kakao terbaik di dunia yang berasal dari pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia,” ungkapnya.