Almarhum Bernabas Ndjurumana dinobatkan sebagai Bapak dan Pahlawan Olahraga atas jasa dan pengorbanannya demi memajukan perkembangan olahraga di tanah air, khsususnya di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bernabas Ndjurumana: Bapak dan Pahlawan Olahraga

Gelar Bapak dan Pahlawan Olahraga kepada Bernabas Ndjurumana tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur sekaligus Wakil Ketua Umum KONI NTT Beni Litelnoni usai upacara penghormatan dan pelepasan jenasah Almarhum ke Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (11/8/2017).

“Nusa Tenggara Timur kehilangan seorang tokoh tanpa pamrih tanpa mencari keuntungan pribadi, sehigga fakta menunjukan dia berjuang sampai titik nadi terakhir yang mana dia sendiri menyaksikan hasil prestasi putra-putri NTT ditingkat Dunia.

Oleh karena itu patut kita mengenang beliau sebagai patriot sejati, sumber inspirasi bagi perkembangan olahraga seluruhnya di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, bukan hanya kempo,” ungkap Beni seperti dikutip laman berita RRI.

Beni mengungkapkan, Almarhum Bernabas Ndjurumana adalah sosok yang semasa hidupnya telah berjuang tanpa kenal lelah dan tanpa menuntut imbalan dalam kariernya di bidang olahraga Kempo.

Karenanya, Beni mengajak segenap insan olahraga NTT untuk memberikan penghormatas sekaligus menyebarkan semangat dedikasi Almarhum pada semua cabang olahraga yang bertumbuh dan berkembang di NTT.

Bernabas Ndjurumana: Meninggal Dalam Tugas

Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (PB. Perkemi) Indra Kartasasmita juga secara tegas menyampaikan, perjuangan Almarhum dalam mengawal Tim Internasional Indonesia dalam event “World Taikai Shorinji Kempo 2017” di San Fransisko Amerika Serikat sebagai bentuk pengabdian Almarhum yang tak terhingga mulianya.

Pencapaian Kontingen Indonesia sebagai Juara Runer Up dalam Kejuaraan tersebut, yakni 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu merupakan pengabdian terakhir dan tertinggi Almarhum Bernabas Ndjurumana selaku Pendiri Kempo di NTT tahun 1977.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Beni Sukawanto, Indra menyampaikan bahwa PB. Perkemi Pusat mengakui, jasa perjuangan Almarhum memajukan Kempo di Tanah Air patut disandang gelar sebagai Pahlawan Olahraga.

“Demikianlah tiada harapan kami atas kepergian seorang Pahlawan Olahraga seperti Shinsei Bernabas, tidak menyurutkan perjuangan kensi-kensi NTT. Teruskan perjuangan Shinsei Bernabas. Lahirkanlah lebih banyak Bernabas-Bernabas ini di NTT, tidak ada kata mundur seperti ucapan beliau kepada kalian para kensi NTT. Demi Tanah Air, demi persaudaraan, demi kemanusiaan,” pesan Indra.

Almarhum Bernabas Ndjurumana merupakan Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) NTT. Beliau meninggal dunia pada 5 Agustus 2017 dalam perjalanan penerbangan pulang dari Amerika ke Indonesia.

Saat itu, Almarhum tengah bertugas mendampingi kontingen TIM NTT sebagai perwakilan Indonesia yang mengikuti Kejuaraan Dunia Kempo, “World Taikai Shorinji Kempo 2017”, di San Mateo, California Amerika Serikat, 27 Juli-3 Agustus 2017.