LABUANBAJO, FLORESPOS.ID – Sektor pariwisata Labuan Bajo terus menggeliat. Sejak ditetapkan sebagai wisata super premium, pemerintah mulai mengarahkan perhatian untuk membenahi sistem transportasi yang ada di ibukota Kabupaten Manggarai Barat itu.

Tengah pekan ini, ketika bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Basarnas NTT mengungkapkan keinginan untuk menempatkan satu unit kapal di wilayah paling barat Pulau Flores itu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Jelamu Ardu Marius mengatakan, rencana penempatan kapal ini disampaikan langsung Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen. TNI. B. Suryo Aji di Kupang, Rabu (5/2).

“Jadi Basarnas akan menempatkan satu unit kapal di Labuan Bajo untuk mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi super premium,” katanya melansir tribunnews, Kamis (6/2).

Penempatan kapal tersebut, lanjut Marius, dilakukan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Labuan Bajo. Adapun kapal bantuan itu memiliki panjang 60×10 meter.

Mengingat kapal tersebut akan digunakan sebagai transportasi wisatawan, maka Basarnas meminta perlu mempersiapkan pelabuhan khusus.

“Basarnas juga harapkan agar disiapkan pelabuhan khusus untuk kapal itu bisa ditambatkan atau sandar,” katanya.*