7 Potret Angelina Sondakh, Jadi Puteri Indonesia Hingga Bebas dari Penjara

Florespos.id – Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau yang biasa dikenal dengan nama Angelina Sondakh telah resmi menghirup udara bebas pagi ini, Kamis (2/2/2022). Angie keluar sekitar pukul 6.22 WIB dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Seperti yang diketahui, artis sekaligus politisi yang akrab disapa dengan sebuat Angie ini awalnya dijatuhi vonis 4,5 tahun penjara pada 2013 karena terbukti menerima suap Rp2,5 miliar dalam kasus Wisma Atlet.

Saat pengajuan banding, hukuman Angie menjadi tiga kali lipat yakni 12 tahun. Saat mengajukan peninjauan kembali, Angie akhirnya mendapat 10 tahun hukuman.

Baca10 Tahun Dipenjara, Kabar Kebebasan Angelina Sondakh Jadi Sorotan

7 Potret Perjalanan Hidup Angelina Sondakh

Angie sendiri merupakan artis, model, serta politisi. Namanya semakin dikenal usai memenangkan Putri Indonesia 2001 mewakili Sulawesi Utara. Angie merupakan individu yang berprestasi dan memiliki banyak penghargaan. Berikut potret perjalanan hidup Angelina Sondakh.

1. Lahir di Australia

Angelina Sondakh Lahir di Australia
Foto: Istimewa

Angie lahir di Australia pada 28 Desember 1977 dengan nama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh. Angie merupakan putri Lucky Sondakh Sjul Kartina Dotulong. Angie kini genap berusia 44 tahun. Angie merupakan sosok yang pintar, menilik dari penghargaan akademis hingga ratu kecantikan yang ia terima.

2. Memiliki Banyak Prestasi

Angelina Sondakh Memiliki Banyak Prestasi
Foto: Istimewa

Angie memiliki banyak prestasi. Sejak tahun 1993 ia telah memenangkan banyak penghargaan mulai dari bidang akademi hingga kontes kecantikan. Di tahun 1995, Angie memborong setidaknya 7 penghargaan di Manado.

Di tingkat provinsi, Angie juga meriah juara dalam lomba debat hingga lomba pidato bahasa Inggris di tahun 1996. Namanya semakin dikenal luas usai meraih gelar Puteri Indonesia 2001.

3. Aktif di Dunia Hiburan

 Angelina Sondakh Aktif di Dunia Hiburan
Foto: Istimewa

Angie menang melawan kontestan lain mewakili Sulawesi Utara dan meraih gelar juara. Angie yang cerdas dan cantik menjadi sangat populer usai menjadi Puteri Indonesia 2001. Selain dikenal sebagai ratu kecantikan Angie juga dikenal sebagai seorang model.

4. Terjun ke Dunia Politik

Angelina Sondakh Terjun ke Dunia Politik
Foto: Istimewa

Tak hanya berkarier di dunia hiburan, Angie juga melebarkan sayap dalam dunia politik. terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia selama 2 periode, yakni 2004–2009 dan 2009–2014. Angie bergabung dengan Partai Demokrat.

BacaSoal Fasilitas Bilik Cinta di Penjara, Ini Pengakuan Nora Alexandra

5. Menjadi Mualaf dan Menikah

Angelina Sondakh Menjadi Mualaf dan Menikah
Foto: Istimewa

Di tahun 2009, Angie menikah dengan Adjie Massaid. Angie diketahui adalah non muslim, kabarnya ia menjadi mualaf pada tahun 2008.

Setahun kemudian ia menikah dengan Adjie dan dikaruniai seorang putra tampan bernama Keanu Jabaar Massaid. Sayangnya bahtera rumah tangga indah mereka dipisahkan oleh maut. Adjie meninggal pada tahun 2011 karena terkena serangan jantung.

6. Tersandung Kasus Korupsi dan Dipenjara

Angelina Sondakh Tersandung Kasus Korupsi dan Dipenjara
Foto: Istimewa

Masalah seolah tak berhenti, usai ditinggal pergi sang suami Angie terjerat kasus dugaan penyuapan Wisma Atlet di Palembang. Pada 3 Februari 2012 ia ditetapkan sebagai tersangka korupsi disampaikan Ketua KPK Abraham Samad.

Divonis 4,5 tahun, Angie mengajukan banding namun justru hukumannya bertambah. Angie divonis 12 tahun penjara serta hartanya disita, yang totalnya Rp39 miliar. Angie kemudian mengajukan peninjauan sehingga hukumannya dipotong menjadi 10 tahun. Uang yang disita juga berkurang Rp2 miliar.

7. Menghirup Udara Bebas

Angelina Sondakh Menghirup Udara Bebas
Foto: Istimewa

Angelina Sondakh resmi menghirup udara kebebasan pada Kamis, 3 Maret 2022. Ia keluar sekitar pukul 6:27 WIB dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur. Angie keluar didampingi para petugas lapas setelah 10 tahun menjalani masa hukuman akibat kasus korupsi pada 2012 silam.

Artikulli paraprakSoal Fasilitas Bilik Cinta di Penjara, Ini Pengakuan Nora Alexandra
Artikulli tjetërMawar AFI Bongkar Sikap Aneh Susi Baby Sitter ke Mantan Suami