MAUMERE, FLORESPOS.IDPemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan bahwa hari ini terdapat 92 sample swab yang diperiksa di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang semuanya negatif virus corona.

“Puji Tuhan hari ini sample swab yang baru pertama kali diperiksa semua hasilnya negatif, sehingga hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di NTT,” ujar Dominikus Minggu Mere, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT di Kupang, Rabu (27/5).

Kendati demikian, kata dia, terdapat 11 swab dari pasien positif Covid-19 yang diperiksa ulang dan hasilnya masih dinyatakan positif Covid-19.

Domi menyebutkan, 92 sampel swab yang diperiksa pada Rabu (27/5) merupakan rujukan dari RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang, RSB Titus Ully, RS Siloam dan Rumah Sakit Umum Rara Meha, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Dengan tidak bertambahnya pasien positif Covid-19 maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di NTT masih 85 orang, dengan sembilan orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Selain itu, masih terdapat 75 pasien yang sedang dalam perawatan medis di sejumlah rumah sakit di 10 kabupaten dan kota di NTT.

Rincian Kasus

Adapun rincian pasien positif Covid-19 dari kabupaten dan kota di NTT sebagai berikut:

  1. Kota Kupang 20 orang
  2. Kabupaten Sikka 27 orang
  3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang
  4. Kabupaten Sumba Timur 8 orang
  5. Kabupaten Ende 6 orang
  6. Kabupaten TTS 3 orang
  7. Kabupaten Nagekeo 3 orang
  8. Kabupaten Rote Ndao 2 orang
  9. abupaten Manggarai 1 orang
  10. Kabupaten Flores Timur 1 orang

Dengan menurunnya angka pasien positif Covid-19 di Provinsi NTT, membangkitkan harapan baru bagi masyarakat NTT untuk bersiap-siap menjalankan aktivitas di berbagai sektor mulai 15 Juni yang akan datang.

Domi mengharapkan, masyarakat NTT untuk lebih sadar lagi dalam mengikuti protokol pemerintah agar kebijakan baru dapat terlaksana dengan semestinya.*

Penulis: Dan Dede