Pulau sembilan atau pulau Mangiatan adalah sebuah pulau unik yang terletak di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pulau yang secara administratif merupakan bagian dari wilayah kabupaten Manggarai Barat – NTT ini lebih terkenal dengan nama Pulau Sembilan Flores untuk membedakannya dari Pulau Sembilan Kotabaru dan Pulau Sembilan Sinjai.

9 Keunikan Pulau Sembilan Flores

Kenapa disebut ‘pulau unik’ dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo, Flores? Yuk kita intip satu per satu 9 keunikannya:

1. Menyerupai Angka Sembilan

Disebut pulau Sembilan, karena secara harafiah, jika dilihat dari ketinggian, bentuk pulau ini menyerupai angka sembilan. Coba perhatikan foto berikut ini.

Bentuknya mirip angka sembilan
Bentuknya mirip angka sembilan | IG @zakyarsy

 

Mirip angka sembilan, bukan? Itulah alasan mengapa pulau bernama asli pulau Mangiatan ini lebih populer dengan nama pulau Sembilan Flores.

2. Pulau Berukuran Kecil

Dibanding pulau-pulau ‘keren’ lainnya di wilayah Taman Nasional Komodo, pulau Sembilan terbilang sangat kecil.

Pulaunya kecil lho
Pulaunya kecil lho | IG @irma_ca2

Saking kecilnya, pengunjung dapat mengelilingi pulau ini hanya dalam waktu delapan sampai sepuluh menit, mulai dari ujung angka sembilan, mengitari lingkar kepala pulau, lalu kembali lagi ke ujungnya.

3. Terbentuk dari Karang Mati

Ternyata, pulau ini terbentuk dari karang-karang mati yang menggunung dan membentuk sebuah pulau. Sungguh menakjubkan!

Ternyata terbentuk dari timbunan karang
Ternyata terbentuk dari timbunan karang | IG @oktav-vianti

Berapa lama proses pulau itu terbentuk dan sejak sejak kapan pulau itu ada? Entahlah, belum ada sumber yang dapat memberikan keterangan terkait jawaban atas pertanyaan itu.

4. Tidak ada Pohon yang Tumbuh

Tidak ada pohon yang tumbuh di pulau kecil ini. Karenanya, jika berkunjung ke pulau Sembilan pada siang hari, bawalah perlengkapan pelindung panas matahari.

Tidak ada pohon di pulau sembilan
Tidak ada pohon di pulau sembilan | IG @uniasaa

Bawalah perlengkapan yang dapat melindungi kulitmu dari sengatan matahari semisal topi, sun glasses, dan sunblock atau baju berlengan panjang.

5. Pasir Putih yang Cukup Tajam

Karena terbentuk dari kumpulan karang mati, pasir pulau sembilan berwarna putih dan cukup tajam.

'Pasir' pulaunya cukup tajam
‘Pasir’ pulaunya cukup tajam | IG @indahsaritarigan

Nah, bagi kamu yang ingin berjalan-jalan di pulau ini, agar kakimu tidak sakit oleh ‘sengatan pasir’ yang tajam, jangan lupa untuk membawa alas kaki.

6. Ada Danau Air Asin Mungil

Meski kecil, di tengah-tengah lingkar angka sembilan terdapat sebuah danau air asin mungil.

Danau di pulau Sembilan
Danau di pulau Sembilan | [email protected]

Danau ini berdiameter kurang-lebih 20 meter, dengan kedalaman maksimum 2 meter. Namun, saat sedang surut, kedalaman danau mungil ini hanya setinggi 50 centimeter.

7. Menjadi Tujuan Snorkling

Ternyata, inilah yang menjadi tujuan utama para traveler berkunjung: snorkling di danau air asin pulau Sembilan!!

Bisa snorkling di danaunya
Bisa snorkling di danaunya | IG @uniasaa

Jadi, jangan hanya membawa sunblock dan alas kaki. Kamu akan menyesal jika tidak menyempatkan diri untuk berenang dan snorkling saat datang ke sini. Memangnya ada apa sih di sana?

8. Ada Ubur-ubur Stingless Jellyfish lho!

Ya, pulau Sembilan selalu masuk dalam paket-paket wisata Taman Nasional Komodo, karena di danau air asin pulau ini terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat atau dikenal dengan sebutan Stingless Jellyfish.

Bermain dengan stingless jelyfish
Bermain dengan stingless jelyfish | IG @lalasimomon

Paduan keunikan inilah yang tidak akan dijumpai di manapun. Sebuah pulau kecil, dengan danau mungil untuk snorkling dan kesempatan bermain dengan ubur-ubur Stingless Jellyfish!

9. Ubur-ubur Bertentakel Biru-Keunguan

Tidak seperti ubur-ubur Stingless Jellyfish di Kakaban atau Togean yang berukuran lebih besar dan hanya terdiri dari satu warna, ubur-ubur pulau Sembilan berukuran lebih kecil dan memiliki warna biru-keunguan pada tentakelnya.

Uniknya ubur-ubur di pulau Sembilan
Uniknya ubur-ubur di pulau Sembilan | IG @liani117

Belum ada sumber yang menjelaskan, tergolong jenis apakah ubur-ubur cantik ini dan bagaimana mereka bisa hidup di sini. Namun, misteri dan keunikannya inilah yang membuat nama Pulau Sembilan Flores terkenal sampai ke mana-mana.

Demikianlah 9 Keunikan Pulau Sembilan Flores yang diramu FLORESPOS.ID dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, sekaligus sebagai sebuah undangan untuk mengunjungi dan mengeksplorasi ragam keindahan objek wisata di pulau Flores – Nusa Tenggara Timur.